-->
Cara Tidur Lebih Cepat: 13 Hal untuk Diperhatikan

Cara Tidur Lebih Cepat: 13 Hal untuk Diperhatikan

Cara Tidur Lebih Cepat: 13 Hal untuk Diperhatikan


Buat kamu yang punya permasalahan untuk tidur terlelap, cara tidur lebih cepat ini wajib diketahui. Tenang saja, ada kok beberapa cara tidur efektif yang bisa kamu praktekkan. Yuk simak langsung aja:

Atur jam rutin untuk tidur



Aturlah jam rutin di mana kamu akan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Belilah alarm analog atau jam beker. Jangan gunakan handphone sebagai alarm-mu.

Olahraga di pagi hari



Hindari berolahraga di malam hari, terutama 4 jam sebelum tidur. Berolahraga pada waktu yang kurang tepat bisa membuat kamu justru terjaga semalaman. Ubahlah kebiasaan berolahragamu di pagi hari. Nah, kalau kamu belum berolahraga sama sekali, ada baiknya kamu membangun rutinitas. Berolahraga tentu saja bermanfaat untuk menambah kualitas tidur kamu. Hanya saja, pada waktu yang tepat.

Makan malam 3 jam sebelum tidur



Setelah makan, tubuh harus membakar makanan yang baru saja kamu makan. Oleh karena itu, hindari makan sebelum tidur karena akan membuat kamu kesulitan tidur.

Minum minuman hangat



Jangan minum kopi, melainkan minumlah teh chamomile, teh peppermint atau susu yang diberi madu. Letakkan di meja di samping tempat tidurmu. Bacalah buku sambil meminum minuman kamu pelan-pelan. Perfect!

Hindari minuman kafein di malam hari



Yang ini cukup jelas kan? Hindari minum minuman yang mengandung kafein misalnya kopi. Pastikan kamu nggak minum kopi kira-kira 8 jam sebelum tidur. Hal ini karena kopi memiliki efek menyegarkan.

Mandi air hangat



Mandi dengan air hangat selama minimal 20 menit dapat memberikanmu efek relaksasi. Jangan gunakan air dingin ya, karena kamu nggak bisa meraih manfaat yang sama. Kamu malah jadi segar dan nggak pengen tidur nantinya.

Pakai pakaian yang nyaman



Cara tidur lebih cepat yang nggak kalah penting adalah menyiapkan piyama, atau pakaian yang nggak sesak. Jangan lupa untuk selalu menggunakan piyama yang bersih dan wangi.

Dinginkan suhu ruangan



Kalau kamu punya AC di kamarmu, dinginkan suhunya menjadi 18 C. Lebih baik lagi bila AC kamu punya timer. Suhu tubuh yang panas dan suhu ruangan yang dingin adalah kombinasi cara tidur efektif yang epik.

Matikan gadgetmu satu jam sebelum tidur



Stop bermain komputer, membuka sosial media, atau smartphone-mu kira-kira satu jam sebelum waktu tidur yang telah kamu tentukan sebelumnya. Manfaatkanlah waktu yang tersisa dengan membaca buku atau kegiatan lainnya selain yang melibatkan elektronik.

Rapikan tempat tidur, buat suasana nyaman



Bila bantalmu sudah jelek, belilah yang baru. Siapkan tempat tidurmu dan pastikan tempat tidurmu adalah tempat paling nyaman di dunia. Jangan malas untuk mencuci seprai setiap seminggu sekali dan merendamnya di larutan pewangi.

Gunakan aromatherapy



Gunakan aromatherapy, khususnya aroma lavender. Aroma ini dipercaya bisa membantu mempermudah tidurmu. Di Indonesia, kalau kamu agak kesulitan mencarinya, kamu bisa menggunakan lavender essential oil yang dijual produsen produk perlengkapan bayi.

Matikan lampu



Matikan lampu kamarmu. Bila kamu butuh membaca atau aktivitas lainnya sebelum tidur, gunakan lampu baca yang bisa kamu letakkan di sisi tempat tidurmu. Ada baiknya kamu meletakkan lampu itu tepat di sampingmu jadi kamu nggak perlu turun kasur untuk mematikannya. Jangan lupa kalau kamu punya jam atau benda apapun yang punya lampu LED yang bisa menyala terang dan mengganggu pandangan bila lampu kamarmu dimatikan, kalau bisa matikan saja lampunya atau turunkan brightness-nya.

Menghitung domba



Yep, cara ini cukup kuno, tapi ampuh lho. Ini seperti self-hipnosis. Gunakan trik yang memaksa kamu untuk terus fokus menghitung sampai kamu ngantuk. Misalnya dengan menghitung dari angka terbesar ke angka terkecil, atau menghitung dengan selang 3 angka seperti 1, 4, 7, dst.

Yuk kita coba cara tidur lebih cepat di atas. Siapa tahu dengan mengatur tidur, hari-harimu akan menjadi lebih produktif. Nah, sedikit catatan buat kamu yang sudah mencoba mempraktekkan dan belum berhasil juga, cobalah bersabar karena seseorang membutuhkan waktu 66 hari untuk mengubah kebiasaan. Kalau kamu benar-benar punya masalah, periksakanlah ke dokter, siapa tahu kamu memiliki insomnia, atau permasalahan tidur lainnya. Tetap semangat untuk hari-hari produktif ya!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser