-->
6 Cara Tidak Bosan Saat Belajar: Tips Agar Pintar

6 Cara Tidak Bosan Saat Belajar: Tips Agar Pintar

6 Cara Tidak Bosan Saat Belajar: Tips Agar Pintar


Cara tidak bosan saat belajar yang akan Youngnesia bahas kali ini, didedikasikan kepada sahabat-sahabat yang sering kebosanan saat belajar dan berakhir dengan ketiduran di meja belajar. Belajar nggak melulu harus duduk tegang sambil mantengin buku lho, ada beberapa cara belajar asyik yang bisa kamu lakukan agar belajarmu lebih efektif:

Nonaktifkan Handphone Kamu



Jangan buka social media, mengirim pesan atau menjawab SMS. Sebaiknya nonaktifkan handphone kamu, kalau perlu, mintalah teman-temanmu untuk meng-unfriend kamu apabila kamu berani-beraninya membuat status di sosial media manapun. Walau kamu bosan, bermain hape bukan solusinya karena kamu bisa lupa diri.

Tidur Siang



Tidur siang yang dimaksud adalah power nap, yakni hanya 90 menit saja. Tidur siang dapat kamu lakukan untuk menyegarkan pikiran kamu hanya bila kamu sedang marathon belajar dalam waktu yang panjang misalnya untuk ujian keesokan hari. Kalau kamu cuma belajar sebentar, sebaiknya kamu nggak usah tidur siang. Bisa-bisa kebablasan soalnya.

Bila Pikiranmu Mulai Suntuk, Cuci Muka Dulu



Suntuk dan ngantuk? Jangan nyerah dulu. Coba deh kamu cuci muka dulu. Dijamin pikiran kamu segar kembali. Dijamin kamu jadi tidak bosan saat belajar.

Buatlah Permainan Untuk Menghafal Materi yang Kamu Pelajari, Be Creative!



Kamu bisa menggunakan flash card, bermain tebak-tebakan dengan rekan belajarmu, mencatat dengan bolpoin warna-warni, atau menghafal peristiwa penting tertentu dengan mengasosiasikannya dengan cerita fiksi. Apabila kamu punya program vocaloid, bisa saja kamu buat agar Hatsune Miku (salah satu tokoh vocaloid) membacakan materimu dengan suaranya yang imut. Buatlah cara belajar asyik sesuai yang kamu suka!

Gunakan Pengiring Musik Instrumental



Gunakan musik instrumental untuk melatarbelakangi kegiatan belajar kamu. Jenis musik yang direkomendasikan adalah musik klasik. Nyalakan musik ini dengan volume rendah. Dengan adanya musik intstrumental dengan volume rendah, kamu akan terbantu untuk mengarahkan pikiranmu dan mencegah otakmu untuk ngelamun saking sepinya.

Belajarlah Bersama Temanmu



Kamu bisa juga menghubungi teman sekelasmu dan mengajak mereka untuk belajar bersama-sama. Salah satu yang direkomendasikan adalah, membentuk grup belajar yang terdiri atas beberapa orang. Masing-masing anggota membuatkan rangkuman belajar untuk teman satu kelompoknya sesuai dengan mata pelajaran yang disukainya, kemudian menukarkan atau membaginya dengan teman satu kelompok. Di akhir sesi, kelompok tersebut bisa memiliki rangkuman untuk semua mata pelajaran dan saling bantu-membantu dalam memahami suatu subjek.

Gimana? Keren kan? Nah teman-teman, sebelum kamu mulai belajar, pastikan kamu sudah siap mempraktekkan 6 cara tidak bosan saat belajar versi Youngnesia tadi. Ada yang punya tips lain? Atau ada yang sudah mempraktekkan cara-cara di atas? Share aja ya di sini!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser