-->
9 Tips Hidup Hemat yang Wajib Kamu Terapkan

9 Tips Hidup Hemat yang Wajib Kamu Terapkan

9 Tips Hidup Hemat yang Wajib Kamu Terapkan

Sebagai bentuk keprihatinan atas harga cabe yang melambung tinggi, Youngnesia akan membahas tips hidup hemat. Nggak sulit kok, yuk simak cara hidup hemat berikut ini:


Manfaatkan barang bekas



berkreasi dengan memanfaatkan barang bekas untuk tips hidup hemat

Sebelum memutuskan untuk membeli barang baru, tengoklah barang bekas anda yang belum sempat termanfaatkan. Lakukan upcycling (mereparasi barang lama agar memiliki fungsi baru). Kamu bisa lihat tips-tipsnya di sini.


Manfaatkan diskon restoran



diskon restoran atau cafe untuk tips hidup hemat kamu

Bila kamu aktif di twitter, pastikan untuk memfollow akun twitter restoran-restoran di kota kamu. Pastikan kamu tahu promo-promo yang diadakan restoran tersebut, Misalnya buy one get one, beli kopi 50%, loyalty card, student day, dsb. 

Menghemat air toilet



tips hidup hemat dengan menghemat penggunaan air

Untuk menghemat air di siraman toilet duduk, masukkan botol air mineral berisi air ke dalam tangki toilet sehingga saat terisi air otomatis, air yang digunakan tidak sebanyak sebelumnya. Ini karena tangki toilet sudah terhalang botol berisi air mineral tadi.


Gunakan strategi kereta hemat



tips hidup hemat dengan memilih kereta api ekonomi

Tips hidup hemat yang nggak kalah penting adalah mengatur strategi naik kereta. Misalnya, bepergian dari Jakarta ke Bandung jangan menggunakan kereta Parahyangan, melainkan naiklah kereta ekonomi tujuan Purwokerto, lalu turun di Stasiun Kiara Condong. Kamu akan menghemat hingga Rp 45.000.

Reparasi celana berserabut



tips hidup hemat dengan permak celana daripada beli baru

Bila kamu punya celana lama yang sudah berserabut, gunakan pencukur bulu agar serabut tersebut terpotong dan celana kamu pun kembali mulus seperti baru. Cara hidup hemat seperti ini akan menunda kamu mengeluarkan kocek yang nggak sedikit untuk membeli celana baru.


Tanpa kulkas



tips hidup hemat tanpa bergantung pada kulkas

Kamu bisa mempertahankan sayuran agar tetap segar tanpa kulkas. Caranya sayuran cukup direndam setengah bagian di pasir halus yang ditaruh dalam wadah kaca, lalu biarkan ia terkena udara segar.


Memasuki beach club gratis



beach club gratisan bisa jadi ide bagus untuk tips hidup hemat

Kamu bisa masuk ke beach club tanpa membayar first drink. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyusuri pantai sambil berjalan kaki, sehingga kamu masuk lewat pantai, tidak dari pintu depan.

Pasang WiFi di rumah



menggunakan wifi di rumah dengan baik untuk tips hidup hemat

Paket termurah speedy saat ini 125ribu (belum termasuk ppn). Bayangkan kalau kamu beli kuota. Setiap kali beli 2 GB kamu harus merogoh kocek 30 hingga 50 ribu. Kamu pun harus menghemat penggunaan dan bisa saja dalam seminggu kuota tersebut habis.


Belum lagi, kamu harus merogoh kocek lebih banyak lagi ketika kamu ke coffee shop mahal demi ngerjain tugas dengan memanfaatkan fasilitas free wifi di sana. Kalau kamu memang membutuhkan internet sepanjang waktu, lebih baik kamu investasikan uangmu untuk memasang wifi pribadi di rumah.


Jalan kaki atau naik sepeda ke minimarket



tips hidup hemat dengan membiasakan jalan kaki

Buat apa kamu protes bbm naik kalau kamu masih naik motor cuma untuk ke minimarket deket rumahmu? Tul nggak? Mulailah menghemat bbm dengan cara-cara sederhana. Misalnya dengan jalan kaki atau naik sepeda ke minimarket.

Nah, itu dia 9 tips hidup hemat yang bisa mulai kamu praktekkan mulai dari sekarang. Ada yang punya tips lain? Share di kolom komentar yuk, biar yang lain bisa mempraktekkan juga cara jitumu. 
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser