-->
Buku Baru untuk Cerita Baru

Buku Baru untuk Cerita Baru

Buku Baru untuk Cerita Baru

Cara membuat resolusi tahun baru



Hidup kok kaya gak ada artinya, mengalir begitu aja, apakah ada yang salah? Penulis mengawali artikel cara membuat resolusi tahun baru ini dengan beberapa pertanyaan yang bisa jadi sulit untuk dijawab, membingungkan atau mungkin tidak penting. Tapi???

Di tahun berapa kamu akan menikmati hidup yang kamu bangun?
Apa target kamu di usia 30?
Apa target kamu sebelum dan setelah menikah?
Apa target kamu dalam berkarir?
Apa target yang belum bisa kamu capai hingga saat ini?
Apa target kamu di tahun2018 ini?

Kawan, mulai lah berpikir dan ubah statement “hidup yang penting ngalir aja”, karena hidup kita tak bisa lepas dari target. Target untuk sebuah pencapaian adalah hal yang penting. Untuk tahun ini, kita perlu tahu cara membuat resolusi tahun baru yang tepat dan realistis.


Sebelum Lanjut ke Tips Menentukan Resolusi Diri, We Should Notice These.


Cara membuat resolusi tahun baru


Apa sih sebenarnya arti dan pentingnya resolusi untuk diri sendiri?

Banyak kata yang bisa menjadi sinonim dari kata “resolusi”, salah satunya adalah target. Resolusi selalu datang dari sebuah tuntutan dan tuntutan datang sebagai hasil sebuah analisa dan pemikiran. Begitu juga dengan target. Nah, kalau hidup hanya mengalir, sudah barang tentu tidak akan ada tuntutan, apalagi pemikiran. Mulailah berpikir untuk menentukan target.

Jika aku adalah seorang pelajar, maka tuntutannya adalah belajar dan meraih prestasi. Bermula dari juara kelas, juara sekolah, juara se-kecamatan dan seterusnya. Begitu pula jika aku adalah seorang mahasiswa, aku juga harus lebih dewasa memahami tuntutan yang semakin banyak. Respon berbagai tuntutan dengan baik. Menjadi lebih baik akan selalu menjadi lebih mudah dibandingkan dengan bertahan untuk selalu menjadi yang terbaik. Jika aku adalah karyawan, pengusaha, suami/istri, dll. maka tuntutannya akan berbeda lagi. Dari tuntutan-tuntutan itulah kita bisa tahu cara membuat resolusi di tahun baru, begitu seterusnya.


Itu kan Cuma Teori!

Cara membuat resolusi tahun baru



Memang benar karena teoripun juga lahir dari sebuah pemikiran dan pembenaran oleh khalayak umum. Jadi, kita semua juga perlu mengiyakan teori tersebut. Teoripun perlu praktek. Mari kita mulai dengan introspeksi diri dan kemudian lihatlah orang lain. Apa yang kurang dari diri kita dan apa yang seharusnya sudah kita capai? Jika terlalu sulit untuk menilai diri sendiri, lihatlah orang lain. Di usia yang sama, latar belakang pendidikan sama, apa yang telah mereka capai dan bagaimana cara mereka mencapainya? Kemudian kembalikan ke diri kita.


Sukses kan Relatif!

Cara membuat resolusi tahun baru



Setidaknya, kita bisa melihat dengan kacamata umum karena memang apa yang dihadapi setiap orang pasti berbeda dan nilai kesuksesan pun juga berbeda. Tak cukup dengan melihat dan belajar dari kesuksesan orang lain, kita juga perlu melihat kegagalan orang lain. Intinya adalah untuk belajar sebagai tindakan prefentif supaya tidak mengalami ketidaksuksesan.

Lihat sekeliling dan kita akan banyak orang tua yang berusia lebih dari 50 tahun bahkan 60 tahun tetapi masih menanggung biaya hidup untuk anak-anaknya sementara harusnya mereka sudah pensiun dari dunia kerja. Nah, apa yang bisa kita lakukan sebagai anaknya? Apakah masih akan membiarkan hidup kita mengalir begitu saja? Jika belum bisa berbuat banyak untuk orang tua kita, setidaknya kita bisa mengikuti tips menentukan resolusi diri ini.


Hidup Tak Lepas Dari Target

Cara membuat resolusi tahun baru



Sebetulnya banyak tuntutan yang berbuah target yang kita hadapi meskipun dengan tingkat komplikasi yang berbeda-beda. Pekerjaan rumah, tugas, penelitian, proses untuk mendapatkan nilai terbaik, dll. Yang sudah bekerja pun juga pasti dihadapkan dengan berbagai macam target, entah penjualan, produksi, kepuasan pelanggan, peningkatan dari berbagai sektor, peningkatan finansial, dll. Hidup tak lepas dari target!

Mulailah menata target, dimulai dari target harian, bulanan dan tahunan. Kita perlu membiasakan diri untuk membuat catatan atau setidaknya mengingat-ingat apa yang akan dilakukan hari ini, besok, dalam minggu ini, bulan ini dan tahun ini.


Be Realistic!

Cara membuat resolusi tahun baru



Target akan jadi sia-sia dan menjadi tidak penting ketika target tersebut tidak bisa direalisasikan. Jika kamu selalu membuat target dan selalu gagal, perlu adanya penurunan level tuntutan dari yang kamu tentukan sebelumnya. Cara membuat resolusi tahun baru 2018 yang kamu buat akan menjadi sia-sia jika kamu tidak tau bagaimana cara mewujudkan resolusi yang kamu buat.


Pahamilah Kenapa Resolusi Harus Tercapai

Cara membuat resolusi tahun baru



Seperti yang dibahas di awal, jika resolusi selalu tidak tercapai, maka resolusi akan menjadi tidak penting. Maka, tentukanlah resolusi yang sesuai dengan kemampuan. Tidak ada salahnya untuk meminta pendapat orang lain yang kamu anggap paling bisa memahami kamu. Yakin pada diri sendiri dan capailah target di tahun 2018 kamu.


Be Creative and Full of Energy!

Cara membuat resolusi tahun baru



Cara membuat resolusi tahun baru, tapi cara pencapaiannya memang sulit. Setelah kamu menentukan bagaimana cara mencapai target, kamu juga harus berpikir kreatif ketika cara yang sudah kamu rencanakan sebelumnya ternyata tidak applicable pada saat kamu benar-benar menghadapinya. Akan lebih baik jika kamu memikirkan seribu cara untuk resolusi kamu dari awal. Pada akhirnya, kamu perlu menyiapkan energi untuk eksekusi plan yang telah kamu buat. Jangan mudah menyerah karena kreativitas dan energi akan sangat diperlukan untuk mencapai target kamu.


Appreciate Yourself!

Cara membuat resolusi tahun baru



Banyak orang lupa dengan pentingnya sebuah apresiasi. Setiap orang merasa jenuh dengan tuntutan dan target dan akan semakin jenuh ketika target yang telah diapresiasi tidak dihargai. Kita juga perlu memberikan apresiasi untuk diri kita. Kamu yang bisa mengukur seberapa layak kamu dihargai. Be realistic also!


Hal Penting Lainnya adalah They Should Come from Yourself

Cara membuat resolusi tahun baru



Tuntutan bisa datang darimana saja. Kita akan merasa enak ketika melakukan sesuatu untuk diri sendiri daripada melakukan untuk orang lain. So, pahami bahwa meskipun tuntutan itu datang dari orang lain, sebenarnya tuntutan itu adalah untuk kebaikan kita sendiri. Jangan sampai merasa tertekan dengan tuntutan itu.


Buku sudah ada, pena juga sudah siap, terus, resolusi apa yang akan kamu tuliskan?
This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser