-->
Trik Rahasia Memulai Bisnis di Usia Muda

Trik Rahasia Memulai Bisnis di Usia Muda

Trik Rahasia Memulai Bisnis di Usia Muda


Kamu yang masih muda ingin buka usaha sendiri karena nggak pengen jadi karyawan instansi perlu baca trik memulai bisnis ini agar dapat guidline dalam membuka lapangan kerja. Dunia bisnis memang banyak sekali tantangan, jika sukses dengan usahamu, bidang ini dapat memberi keuntungan materi yang besar, tapi juga sebaliknya jika kamu gagal menjalankan usaha yang telah kamu jalankan. Kekurang hati-hatian dalam berproses bisa berdampak buruk untuk kemajuan bisnismu, maka dari itu ketelatenan dan kesabaran perlu untuk mengimbangi resep berikut ini dalam membangun bisnis impianmu.

Buat gambaran bisnismu dengan detail



Iya, harus detail jika kamu benar-benar berniat membangun sebuah usaha mandiri. Mulai dari ide, pemasaran, cakupan, dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi harus kamu pikirkan. Jadi harus selalu siaga dengan kondisi apapun yang akan terjadi pada bisnismu. Rencanakan dengan matang sebelum memulai. Membangun networking sebelum memulai juga sangat perlu untuk dilakukan dulu sebelumnya.

Perhatikan tentang landasan hukum dan keuangan



Jika usahamu tergolong usaha menengah ke atas, pastikan kamu punya back-up hukum yang bagus. peraturan hukum tentang usaha mandiri juga harus kamu patuhi, termasuk pajak. Poin terpentingnya, jangan buka bisnis yang melanggar hukum. Pastikan kamu juga punya menejemen keuangan yang baik. Selalu file-kan transaksi keluar masuk apapun terkait dengan bisnismu. Usahakan punya penasehat yang handal untuk mendampingimu menjalankan bisnis.

Hindari overspending di awal



Biasanya kita beranggapan ‘berakit-rakit kehulu, berenang ke tepian’ untuk masalah dana membangun sebuah bisnis dengan anggapan usaha yang kamu rintis akan berhasil dan mengahasilkan kembali modal dengan berlipat. Hindari pemikiran seperti itu. Mulailah dengan perlahan, perhatikan masukan dari klien atau pelangganmu dan lihatlah hasil kerjamu dulu. Usahakan dengan modal pertama kamu sudah mendapat keuntungan walau hanya sedikit. Kembangkan perlahan bisnismu dengan memakai modal yang kembali.

Fokus di satu tempat



Terkadang bisnis menjadi penghasil uang sampingan karena kamu sudah menjadi seorang karyawan atau masih di bangku kuliah. Jika benar-benar menginginkan usaha mandirimu berkembang dan menjadi sumber penghasilan utama yang besar, terjunlah 100% ke dalam bisnis yang kamu rintis. Kalaupun memang harus mengundurkan diri atau cuti kuliah, lakukanlah jika bisnisnya kamu anggap menjanjikan masa depan. Selain itu, fokuslah pada satu tempat atau satu bisnis dulu. Jika sudah berjalan lancar, baru kembangkan ke tempat lain atau bisnis lain. Selain fokus, mencintai usahamu juga merupakan trik memulai bisnis yang harus kamu pegang.

Kerjakan sendiri



Kamu yang membuka bisnis makan kamulah yang harus terjun duluan dan memulai. Jangan mendelegasikan orang lain untuk menjalankan bisnis dari awal. Kamu harus tahu permasalahan yang menjadi batu kerikil di awal usahamu dan mengontrol semua hal sedetail-detailnya. Kontrol dan kendali usaha ada pada dirimu yang menjadi pemegang tertinggi keputusan. Catat perjalanan bisnis sejak awal karena itu akan memunculkan strategi dan menjadikan pembelajaran buat kamu. Jika kamu punya partner dalam berbisnis, lebih baik sejak awal tentukan job desk masing-masing supaya jelas siapa yang harus ngapain saat usaha sudah berjalan.

Dunia bisnis memang tidak semudah yang membalik telapak tangan meskipun kamu punya uang dan kemampuan. Ketelatenan, disiplin, kesabaran dan keuletan sangat diperlukan bagi kamu yang ingin membuka usaha mandiri. Kuncinya adalah nikmati proses dan jadilah pembelajar ulung yang pantang menyerah. Mumpung kamu masih muda, gunakan energi mudamu untuk mencoba membuka lapangan kerja sendiri jika orang lain tidak membuka untukmu. Semoga trik mememulai bisnis di atas bisa membantumu yang sedang galau memikirkan rencana usaha.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser