Waktu. Kata orang waktu seperti
pedang sekali bergerak pupuslah harapan kita untuk lebih awal. Waktu adalah
sebuah titik atau periode dimana hal-hal terjadi. So, waktu adalah ketika
hal-hal terjadi. Waktu adalah periode yang tidak bisa diputar seperti pada
sebuah judul sinetron di Indonesia dulu “lorong waktu” dimana tokoh utamanya
bisa pergi di waktu manapun yang ia mau. Atau loker waktunya doraemon. Ia bisa
pergi kemana yang mereka mau hingga seribu tahun lalu. Kita memang tak bisa
menghalau waktu, namun kita bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mencari bagaimana cara manajemen waktu.
Sobat Youngnesia pastinya sudah
pernah bahkan sering mengambil kelas manajemen waktu atau sekedar membaca buku
atau artikel mengenai bagaimana manajemen waktu. Lalu kamu mencoba untuk
mengatur, memprioritaskan dan menjadwal waktu keseharian kamu. Tapi kadang
masih berpikiran “mengapa dengan pengetahuan dan cara ini, kadang aku merasa
nggak bisa ngelakuin semua kegiatan yang aku perluin yak?”.
Alasan manajemen waktu dengan gadget
atau buku agenda dan belajar sistem manajemen waktu tidak bekerja adalah sistem
ini dirancang untuk mengelola waktu. Padahal
kamu tidak memiliki akses untuk mengatur waktu. Tapi kamu bisa mengatur diri
kamu. Kamu bisa membuat atau merancang cara
manajemen waktu lebih produktif, dan juga bisa mengelola apapun yang telah
kamu buat. Jangan buat batasan pada dirimu dengan alasan “tidak memiliki cukup
waktu” atau “bukan waktu yang tepat”.
Nah, berikut adalah cara manajemen waktu agar lebih
produktif:
Buat rekam jejak atas semua jadwal, ide dan percakapanmu selama satu minggu
Cara manajemen waktu agar lebih produktif pertama adalah dengan membuat rekam jejak
atas apa-apa yang telah kamu lakukan selama satu minggu ini. Lihat semua jadwal
selama satu minggu ini, apa saja yang kamu perbincangkan dengan lain, targetan
apa saja yang telah kamu selesaikan dan mana saja yang belum kamu selesaikan.
Dengan begitu, kamu akan mendapat gambaran mengenai tingkat keproduktifanmu
selama satu minggu dan mengetahui hari mana yang tidak produktif. Sehingga kamu
bisa mendapatkan pelajaran bagaimana cara
manajemen waktu lebih produktif.
Buatlah buku targetan
Cara manajemen waktu lebih produktif selanjutnya
adalah dengan membuat buku targetan. Hal ini adalah notice bagimu untuk hal mana
apa saja yang penting bagimu untuk diselesaikan terlebih dahulu. Sehingga kamu
lebih mudah mengatur jadwal.
Merancang jadwal
Jangan sampai kamu menjalani hari
kamu tanpa merancang kegiatanmu selama seharian. Maka dari itu Youngnesia telah
membuat resume tentang cara belajar
manajemen waktu. Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah merancang
jadwal kegiatanmu. Karena sebenarnya waktu terpenting dalam harimu adalah waktu
dimana saat kamu merancang jadwal selama satu hari ini. Dalam merancang jadwal
jangan lupa atur waktu yang menjadi prioritasmu, waktu rileksmu, dan waktu
evaluasi jadwalmu.
Buat jadwal waktu relaksasi
24 jam, adalah waktu yang cukup mudah
untuk kamu melakukan berbagai aktifitas. Jika kamu memiliki waktu kerja atau
kegiatan setengah dari 24 jam, cara
belajar manajemen waktu keempat adalah kamu perlu mengatur waktu rileks.
Waktu rileks bisa mendinginkan pikiranmu, sehingga lebih memungkinkan ide-ide
brilian akan muncul setelah melakukan relaksasi.
Evaluasi hasil kerja selama 5 menit
Cara belajar manajemen waktu selanjutnya
adalah dengan menyisihkan waktu 5 menit, setiap usai dari panggilan bisnis atau
tugas. Evaluasi hasil dari pekerjaan yang telah kamu lakukan. Apakah berhasil
atau tidak?. Dengan ini kamu bakalan tahu mana saja yang belum sukses dan
berusaha mencari tahu bagaimana mengatasi hambatan yang terjadi. Agar tidak
mengalami pengulangan kesalahan yang sama.
Manajemen medsos
Media Sosial seperti Facebook,
Twitter, instagram atau Path memang bisa menunjang karir kita, tapi kadang juga
bisa ngerusak atau menghambat karir. Maka dari itu kamu harus pinter-pinter
manajemen medsos, kalo kamu pekerja kantor kamu bisa menonaktifkan notice
otomatis medsos pada hp kamu.
Atur prioritas
Cara manajemen waktu dengan baik dan penting
adalah mengatur prioritas. Hal ini agar memudahkanmu dalam menyelesaikan tugas
dan tepat waktu, agar tak semrawut.
Jangan berasumsi
Ingat bahwa tidak semua yang kita
inginkan akan terwujud, atau tidak semua yang kita bayangkan akan terjadi. Maka
dari itu , cara manajemen waktu dengan
baik adalah dengan menghindari berasumsi. Karena hal ini akan merugikan
langkahmu. Hasil dari kerja adalah 20 persen dari pikiran atau analisis dan 80
persen dari kegiatan dan usaha kita.
Semoga cara
manajemen waktu di atas, bisa membantu Sobat Youngnesia agar bisa
membuat waktu sobat lebih produktif.