-->
Masih Ngerasa Harimu Tidak Produktif? Yuk Cek Tips Bagaimana Cara Manajemen Waktu Supaya Harimu Lebih Produktif

Masih Ngerasa Harimu Tidak Produktif? Yuk Cek Tips Bagaimana Cara Manajemen Waktu Supaya Harimu Lebih Produktif

Masih Ngerasa Harimu Tidak Produktif? Yuk Cek Tips Bagaimana Cara Manajemen Waktu Supaya Harimu Lebih Produktif

Waktu. Kata orang waktu seperti pedang sekali bergerak pupuslah harapan kita untuk lebih awal. Waktu adalah sebuah titik atau periode dimana hal-hal terjadi. So, waktu adalah ketika hal-hal terjadi. Waktu adalah periode yang tidak bisa diputar seperti pada sebuah judul sinetron di Indonesia dulu “lorong waktu” dimana tokoh utamanya bisa pergi di waktu manapun yang ia mau. Atau loker waktunya doraemon. Ia bisa pergi kemana yang mereka mau hingga seribu tahun lalu. Kita memang tak bisa menghalau waktu, namun kita bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mencari bagaimana cara manajemen waktu.

Sobat Youngnesia pastinya sudah pernah bahkan sering mengambil kelas manajemen waktu atau sekedar membaca buku atau artikel mengenai bagaimana manajemen waktu. Lalu kamu mencoba untuk mengatur, memprioritaskan dan menjadwal waktu keseharian kamu. Tapi kadang masih berpikiran “mengapa dengan pengetahuan dan cara ini, kadang aku merasa nggak bisa ngelakuin semua kegiatan yang aku perluin yak?”.

Alasan manajemen waktu dengan gadget atau buku agenda dan belajar sistem manajemen waktu tidak bekerja adalah sistem ini  dirancang untuk mengelola waktu. Padahal kamu tidak memiliki akses untuk mengatur waktu. Tapi kamu bisa mengatur diri kamu. Kamu bisa membuat atau merancang cara manajemen waktu lebih produktif, dan juga bisa mengelola apapun yang telah kamu buat. Jangan buat batasan pada dirimu dengan alasan “tidak memiliki cukup waktu” atau “bukan waktu yang tepat”.

Nah, berikut adalah cara manajemen waktu agar lebih produktif:


Buat rekam jejak atas semua jadwal, ide dan percakapanmu selama satu minggu


cara manajemen waktu yang baik

Cara manajemen waktu agar lebih produktif pertama adalah dengan membuat rekam jejak atas apa-apa yang telah kamu lakukan selama satu minggu ini. Lihat semua jadwal selama satu minggu ini, apa saja yang kamu perbincangkan dengan lain, targetan apa saja yang telah kamu selesaikan dan mana saja yang belum kamu selesaikan. Dengan begitu, kamu akan mendapat gambaran mengenai tingkat keproduktifanmu selama satu minggu dan mengetahui hari mana yang tidak produktif. Sehingga kamu bisa mendapatkan pelajaran bagaimana cara manajemen waktu lebih produktif.


Buatlah buku targetan


cara manajemen waktu dengan membuat buku target

Cara manajemen waktu lebih produktif selanjutnya adalah dengan membuat buku targetan. Hal ini adalah notice bagimu untuk hal mana apa saja yang penting bagimu untuk diselesaikan terlebih dahulu. Sehingga kamu lebih mudah mengatur jadwal.

Merancang jadwal


cara manajemen waktu dengan merancang jadwal yang baik

Jangan sampai kamu menjalani hari kamu tanpa merancang kegiatanmu selama seharian. Maka dari itu Youngnesia telah membuat resume tentang cara belajar manajemen waktu. Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah merancang jadwal kegiatanmu. Karena sebenarnya waktu terpenting dalam harimu adalah waktu dimana saat kamu merancang jadwal selama satu hari ini. Dalam merancang jadwal jangan lupa atur waktu yang menjadi prioritasmu, waktu rileksmu, dan waktu evaluasi jadwalmu. 


Buat jadwal waktu relaksasi


manajemen waktu lebih produktif dengan meluangkan waktu untuk relaksasi

24 jam, adalah waktu yang cukup mudah untuk kamu melakukan berbagai aktifitas. Jika kamu memiliki waktu kerja atau kegiatan setengah dari 24 jam, cara belajar manajemen waktu keempat adalah kamu perlu mengatur waktu rileks. Waktu rileks bisa mendinginkan pikiranmu, sehingga lebih memungkinkan ide-ide brilian akan muncul setelah melakukan relaksasi.


Evaluasi hasil kerja selama 5 menit


manajemen waktu lebih produktif dengan mengevaluasi kinerja

Cara belajar manajemen waktu selanjutnya adalah dengan menyisihkan waktu 5 menit, setiap usai dari panggilan bisnis atau tugas. Evaluasi hasil dari pekerjaan yang telah kamu lakukan. Apakah berhasil atau tidak?. Dengan ini kamu bakalan tahu mana saja yang belum sukses dan berusaha mencari tahu bagaimana mengatasi hambatan yang terjadi. Agar tidak mengalami pengulangan kesalahan yang sama.

Manajemen medsos


cara manajemen waktu dengan baik dengan mengatur porsi sosmed

Media Sosial seperti Facebook, Twitter, instagram atau Path memang bisa menunjang karir kita, tapi kadang juga bisa ngerusak atau menghambat karir. Maka dari itu kamu harus pinter-pinter manajemen medsos, kalo kamu pekerja kantor kamu bisa menonaktifkan notice otomatis medsos pada hp kamu.


Atur prioritas


cara manajemen waktu dengan baik dengan mengatur skala prioritas

Cara manajemen waktu dengan baik dan penting adalah mengatur prioritas. Hal ini agar memudahkanmu dalam menyelesaikan tugas dan tepat waktu, agar tak semrawut.

Jangan berasumsi


cara belajar manajemen waktu dengan tanpa berasumsi

Ingat bahwa tidak semua yang kita inginkan akan terwujud, atau tidak semua yang kita bayangkan akan terjadi. Maka dari itu , cara manajemen waktu dengan baik adalah dengan menghindari berasumsi. Karena hal ini akan merugikan langkahmu. Hasil dari kerja adalah 20 persen dari pikiran atau analisis dan 80 persen dari kegiatan dan usaha kita.

Semoga cara manajemen waktu di atas, bisa membantu Sobat Youngnesia agar bisa membuat waktu sobat lebih produktif.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser