-->
Jelajah Ibu Kota Dengan Mengunjungi Tempat Wisata Di Jakarta Pusat Berikut Ini!

Jelajah Ibu Kota Dengan Mengunjungi Tempat Wisata Di Jakarta Pusat Berikut Ini!

Jelajah Ibu Kota Dengan Mengunjungi Tempat Wisata Di Jakarta Pusat Berikut Ini!

Jakarta Pusat selain sebagai kota administrasinya Daerah Khusus Ibu kota Jakarta, kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik. Selain kota administrasi khusus DKI Jakarta, di Jakarta Pusat kita juga akan menemui berbagai macam kantor administrasi Indonesia seperti Kementrian Sumber Daya, Kantor Kementrian BUMN, Kantor kementrian Telekomunikasi dan kantor lainnya. Kalo Sobat Youngnesia sekarang lagi berada di Jakarta Pusat atau hendak mengunjungi Ibu Kota Indonesia ini, maka Sobat harus mengunjungi tempat wisata di Jakarta Pusat berikut ini:



Monumen Nasional (Monas)


tempat wisata di jakarta pusat: monumen nasional

Tempat wisata terkenal di jakarta pusat  pertama dan sebagai ikon Jakarta adalah Monumen Nasional atau lebih sering disebut dengan Monas. Monas adalah ikon kota jakarta yang memiliki ketinggian 132 meter, dimana di puncak monumen terdapat lidah api yang terbuat dari emas. Tempat bersejarah sekaligus sekarang menjadi tempat wisata ini terletak di lapangan Medan Meredea, jakarta Pusat.

Ketika Sobat Youngnesia mengunjungi tempat ini maka sobat, tak hanya bisa berwisata sejarah melihat diorama dan relief sejarah Indonesia namun kamu juga bisa menikmati hal lain seperti berpiknik melihat sekumpulan rusa yang dilindungi, menikmati fasilitas pijat refleksi atau sekedar jalan-jalan dan menemukan patung RA. Kartini.



Museum Nasional (Museum Gajah)


tempat wisata di jakarta pusat: museum nasional

Tidak jauh dari Museum Nasional atau Monas kamu akan menemukan salah satu tempat wisata di jakarta Pusat yang syarat akan budaya dan sejarah Indonesia. Tempat wisata tersebut adalah Museum Nasional. Museum ini populer juga dengan nama Museum Gajah, karena di Museum ini terdapat sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu. Spesialnya dari Patung ini adalah patung ini pemberian dari raja Chuangkrong IV yang merupakan Raja dari Thailand.

Di tempat wisata ini kamu akan menemukan berbagai kesenian Indonesia dari Sabang hingga Meraoke. Selain itu di Museum ini juga terdapat berbagai keramik, prasasti, patung, tekstil, perhiasan kuno, alat musik tradisional, wayang, hingga mata uang kuno yang berlaku zaman kerajaan di Indonesia. Museum yang cocok untuk wisata sejarah, budaya dan sarana edukatif di jakarta Pusat.



Masjid Istiqlal


tempat ibadah untuk muslim di jakarta: masjid istiqlal

Setelah lelah seharian mengunjungi tempat wisata terkenal di jakarta pusat dan hendak mencari tempat ibadah, datanglah ke Masjid Istiqlal. Masjid yang berlokasi di Jakarta Pusat ini adalah tempat ibadah umat islam, dimana masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas jama’ah sebesar 2.000.000 orang. Masjid ini memiliki menara setinggi 90 meter dan diameter kubah masjid selebar 45 meter.



Gereja Katerdal


tempat ibadah untuk umat katolik di jakarta: gereja katerdal

Bagi Sobat yang beragama katolik bisa datang ke gereja yang bergaya eropa pada masa lalu atau Gereja katerdal. Gereja ini berada di Jalan Katerdal No 7B jakarta Pusat. Di dalam gereja katerdal selain kamu bisa wisata religi kamu juga bisa mengunjungi museum yang ada di dalamnya atau disebut dengan Museum Katerdal. Museum di gereja ini pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Jakarta dengan kategori cagar budaya.



Museum Sumpah Pemuda


tempat wisata di daerah jakarta pusat: museum sumpah pemuda

Museum Sumpah Pemuda adalah salah satu tempat wisata di daerah jakarta pusat yang menyajikan wisata sejarah. Museum ini terletak di Jalan Kramat Raya No 106. Sesuai dengan namanya Museum Sumpah Pemuda, museum ini memiliki koleksi benda dan foto sejarah yang berkaitan erat dengan peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928. Kolekasi benda sejarah di museum ini lebih dari 3.000 barang.



Taman Ismail Marzuki


destinasi wisata di jakarta pusat: taman ismail marzuki

Destinasi wisata di Jakarta Pusat lainnya yang tak kalah menarik adalah taman Ismail Marzuki. Salah satu tempat wisata di daerah jakarta pusat ini adalah wadah seni dan budaya di jakarta yang beralokasi di Jalan Cikini Raya, Yakarta Pusat. Taman Ismail Marzuki adalah wisata yang komplit antara seni budaya dan astrologi. Karena selain di Taman Ismail Marzuki terdapat balai pameran, gedung arsip, galeri, bioskop, dan 6 teater modern di sini juga terdapat sebuah Planetarium yang merupakan tempat wisata pendidikan benda-benda langit.

Jika Sobat Youngnesia berniatan untuk datang ke tempat wisata yang satu ini jangan kuwatir tidak ada acara, karena hampir tiap hari di sini digelar berbagai macam acara dari pentas seni, wayang, puisi, drama, tari, musik, lukisan, fotografi, dan film.



Tugu Proklamasi


destinasi wisata di jakarta pusat: tugu proklamasi

Tugu Proklamasi adalah destinasi wisata yang menyajikan wawasan sejarah. Tempat wisata ini sering juga disebut dengan tugu petir. Sesuai dengan namanya Tugu Proklamasi, tempat ini adalah simbol peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, dan di sini kita akan mendapatkan tugu yang mirip dengan dua proklamator kita yaitu Ir Soekarno dan Moh. Hatta. Saat ini lokasi ini sering digunakan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia sekaligus tempat berkumpulnya para demonstran.



Museum Taman Prasasti


tempat wisata murah dan menarik di jakarta pusat: museum taman prasasti

Tempat wisata murah dan menarik di jakarta pusat yang satu ini terletak di jalan Tanah Abang No 1 jakarta Pusat. Museum Taman Prasasti adalah museum sebuah peninggalan Belanda yang dulunya merupakan sebuah kuburan. Disini sobat Youngnesia akan mendapatkan sebuah prasasti, kereta jenazah dan miniatur makam. Wisata disini cukup dibilang mistis, walau demikian disini banyak juga pengunjungnya alasannya karena suasana mistisnya.



Pasar Baru


tempat wisata belanja di jakarta pusat: pasar baru

Pasar Baru adalah tempat wisata belanja di Jakarta pusat yang paling terkenal. Pasar ini berdiri sejak tahun 1820an dan merupakan pusat belanja paling tua di Jakarta dan merupakan pasar terbesar ke tiga di Asia tenggara. Disini kamu bisa belanja aneka macam barang dari pakaian, sepatu, peralatan olahraga, kain, kacamata, jam tangan, batik, perlengkapan salon,makanan hingga jasa penjahit.



Pecenongan


tempat wisata kuliner di jakarta pusat: pecenongan

Setelah lelah mengelilingi Jakarta Pusat, datanglah sejenak ke tempat wisata yang satu ini, yaitu Pecenongan. Pecenongan adalah pusatnya wisata kuliner malam di Jakarta Pusat. Sepanjang Jalan Pecenongan kamu akan menemui deretan tenda baik disisi kanan atau kiri dengan menjual berbagai jenis makanan, mulai dari hidangan laut, nasi goreng, sayuran, es, bubur ayam, martabak manis hingga babi. Kawasan wisata kuliner ini mulai beroperasi mulai jam 18.00 atau 6 sore hingga 02.00. Hidangan yang paling populer di sini adalah hidangan laut, martabak dan babinya.



Taman Suropati


tempat wisata murah dan menarik di jakarta pusat: taman suropati

Taman Suropati yang terletak di Menteng Jakarta Pusat  adalah tempat wisata murah dan menarik di jakarta pusat dan paling diminati oleh para muda-mudi. Ketika sore tiba disini aka terlihat berbagai macam aktivitas seperti joging, latihan musik,atau sekedar ngobrol bersama teman atau pasangan.

Taman yang dulunya bernama Boorgermeester Bisschopplein ini tersedia berbagai macam fasilitas seperti, bangku panjang, pohon rindang, air mancur dan track untuk berlari. Selain itu disekitar taman ini terdapat berbagai penjual kudapan seperti siomay, gejrot,mi ayam, dan minuman dalam kemasan. Taman ini memiliki luas 16. 322 meter persegi.



Museum Sasmita Loka Ahmad Yani


destinasi wisata di jakarta pusat: museum sasmita loka ahmad yani

Museum Sasmita Loka Ahmad Yani adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat yang menawarkan wisata sejarah bangsa Indonesia. Museum ini terletak di cabang  antara Jalan Lembang No 58 dan jalan Laruharhari No 65 Jakarta Pusat. Museum ini terbuka untuk umum dari hari selasa hingga minggu dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00.  museum ini dibangun sekitar tahun 1930-1940an, sesuai dengan namanya, museum ini pernah digunakan sebagai tempat tinggal Letjen Ahmad Yani sebelum dibunuh dan diculik oleh gerombolan PKI pada tanggal 30 September 1965.



Gedung Joang ‘45


tempat wisata sejarah di jakarta pusat: gedung joang '45

Tempat wisata sejarah di Jakarta Pusat selanjutnya adalah Gedung Joang 45 atau Museum Joang 45. Museum ini terletak di Jalan Menteng raya 31, kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Gedung yang dibangun sekitar tahun 1920-an ini awalnya adalah sebuah hotel yang dikelola oleh L.C Shomper.

Di museum ini kamu dapat melihat jejak perjuangan kemerdekaan RI dengan koleksi benda-benda peninggalan para perjuangan Indonesia. Diantaranya adalah mobil dinar resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama yang dikenal dengan mobil REP 1dan REP 2, dan mobil pemboman di Cikini. Fasilitas di museum Joang ’45 pun beraneka ragam dari Ruang Pameran Tetap dan temporer dengan pojok Multimedia, Bioskop Joang ’45, Studio penayangan film-film dokumenter dan film perjuangan lama, perpustakaan refrensi sejarah ilmiah, children room, foto studio, dan souvenir shop.



Gedung Mohammad Hoesni Thamrin


tempat wisata sejarah di jakarta pusat: gedung mohammad hoesni thamrin

Gedung Mohammad Hoesni Thamrin adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di Jalan Kenari II No 15 jakarta Pusat. Museum ini memiliki koleksi foto reproduksi, radio dan barang-barang milik serta kepustakaan tentang kiprah perjuangan Mohammad Hoesni Thamrin dalam pergerakan nasional Indonesia.



Museum Kebangkitan Nasional


destinasi wisata sejarah di jakarta pusat: museum kebangkitan nasional

Satu lagi tempat wisata murah dan menarik di jakarta pusat yang bisa kamu datangi adalah Museum kebangkitan Nasional. Museum ini berlokasi di Jalan Abdurrahman Saleh No 26 sebelum RSPAD Gatot Subrotoo Jakarta Pusat. Museum ini adalah tempat pertama kalinya lahir gerakan nasional Boedi Oetomo.

Masuk ke dalam gedung museum kamu akan mnyaksikan ruang kelas dan laboratorium, asrama, tempat olahraga, kantin, dapur dan aula. Seluruh koleksi yang dipamerkan di museum ini adalah ruang awal pergerakan, ruang kesadaran nasional dan ruang pergerakan, dan ruang memorial Boedi Oetomo.

Di atas adalah sejumlah tempat wisata di jakarta Pusat yang Sobat Youngnesia datangi. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser