-->
Ayo Menyusuri Tempat Wisata Di Belitung Yang Memanjakan Hati Dan Pikiran

Ayo Menyusuri Tempat Wisata Di Belitung Yang Memanjakan Hati Dan Pikiran

Ayo Menyusuri Tempat Wisata Di Belitung Yang Memanjakan Hati Dan Pikiran

Youngnesia kali ini akan mengulas mengenai tempat wisata di Belitung yang dijamin akan memanjakan hati dan pikiran Sobat semua. Belitung adalah salah satu pulau yang berada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau Belitung terkenal sebai tempat yang memiliki keindahan wisata pantainya. Namun, tak hanya pesona pantainya yang ciamik, Belitung juga memiliki beragam tempat wisata lain yang tak kalah indah dan menawannya selain pantai.

Berikut adalah tempat wisata di Belitung yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata kamu:



Pantai Tanjung Tinggi


tempat wisata di pulau belitung: pantai tanjung tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah tempat wisata di Pulau Belitung yang menawarkan keindahan pantai yang sudah terkenal di Indonesia. Pantai ini hanya berjarak 30 Km dari Pulau lengkuas sehingga dari tempat ini anda dapat menyaksikan keindahan Pulau Lengkuas dan mercusuar dari kejauhan. Pantai ini adalah pantai yang digunakan sebagai setting tempat di film laskar pelangi. Pantai yang menawarkan sajian pemandangan yang indah dengan pasir putih dan warna air laut yang biru.

Pantai ini adalah pantai yang cukup aman, untuk kamu bermain di air karena ombak pantai ini tidak terlalu besar atau relatif kecil. Selain pasir putih, air yang biru dan ombak yang relatif kecil daya tarik lain dari pantai ini adalah batu granit raksasa yang sangat besar.



Pantai Tanjung Pendam


wisata pantai di belitung: pantai tanjung pendam

Jika kamu ingin menikmati keindahan sunset, datanglah ke Pantai tanjung Pendam. Karena sunset di wisata pantai di belitung ini sangat indah, dibandingkan pantai lainnya. Disarankan pergilah saat bulan Juni-Juli, karena biasanya di bulan-bulan ini akan diadakan ‘festival Buang Jong’. Festival ini memiliki makna untuk menyingkirkan warga lokal dari mala petaka.



Pantai Lengkuas


tempat wisata di pulau belitung: pantai lengkuas

Tempat wisata di pulau belitung pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Lengkuas. Daya tarik dari pulau lengkuas ini adalah mercusuar yang didirikan sejak pemerintahan Belanda. Mercusuar tua ini sampai sekarang masih berfungsi dengan baik sebagai pemandu para nelayan dalam melakukan perlayaran.

Selain sebagai pemandu para nelayan, mercusuar ini juga bisa sebagai tempat sebagai tempat yang cocok untuk menikmati keindahan Pulau Lengkuas dari ketinggian. Para wisatawan atau pengunjung dapat masuk ke dalam mercusuar dengan ketinggian 19 lantai, sehingga kamu akan menyaksikan landscape panorama nan menawan dari Belitung, khususnya Pulau Lengkuas. Selain menikmati keindahan pesona alam pulau Lengkuas, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti snorkeling dan bermain air di tepian pulau.



Rumah Tuan Kuase


tempat wisata di pulau belitung selain pantai: rumah tuan kuase

Tempat wisata di belitung selain pantai yang masih dalam kawasan Tanjung Pendam adalah  Rumah Tuan Kuase. Rumah Tuan Kuase atau dalam bahasa belanda Hoofdadministratuer dahulu adalah sebuah kantor pemerintah Belanda di Belitung. Kantor ini kini dikelola oleh dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Belitung, dan dialihfungsikan sebagai tempat pemerintahan.



Rumah Adat Belitung


tempat wisata di pulau belitung selain pantai: rumah adat belitung

Tempat wisata di belitung selain pantai yang juga menjadi ikon dari Belitung adalah Rumah Gede. Rumah Gede atau Rumah Adat Belitung adalah rumah panggung yang menjadi rumah adat khas dari Bangka Belitung. Di dalam Rumah Gede ini banyak sekali koleksi artefak yang ditemukan di sekitar Belitung dan ada baju adat daerah Belitung.


Kepulauan Seychelles di Batu Malang


tempat wisata di belitung untuk diving: kepulauan seychelles

Jika kamu hobi diving, tempat wisata di Belitung yang wajib kamu kunjungi adalah Batu Malang Penyu. Keindahan biota laut mulai dari berbagai terumbu karang yang terdiri dari bermacam-macam spesies serta ikan-ikan yang berseliweran akan kamu temui. Disini juga ada bangkai kapal Indomarine Ship Werck yang tenggelam pada tahun 1980.



Museum Kata Andrea Hirata


tempat wisata di belitung selain pantai: museum kata andrea hirata

Tempat wisata di belitung selain pantai lainnya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Ingat film atau Buku Laskar Pelangi? Nah nama penulis skenario maupun buku Laskar Pelangi adalah Andrea Hirata. Di Belitung tepatnya di jalan Raya laskar Pelangi No 7 Gantong Belitung Timur terdapat sebuah rumah yang difungsikan sebagai sebuah museum yang berisi tentang perjuangan anak-anak dalam novel Laskar Pelangi.

Museum ini diberi nama Museum Kata, namun banyak juga yang menyebutnya Museum laskar Pelangi atau Museum Andrea Hirata. Museum ini diberi nama museum kata karena setiap ruangan dalam museum ini bercerita tentang kisah perjuangan anak-anak Laskar Pelangi dalam bentuk gambar dan kata-kata inspiratif.



Air Terjun Gurok Beraye


tempat wisata alam di pulau belitung: air terjun gurok beraye

Air Terjun Gurok Beraye adalah air terjun yang terletak lumayan jauh dari pusat kota Belitung yaitu 32 KM. Jika dilihat air terjun ini hanya seperti air yang mengalir dari bebatuan yang tak terlalu tinggi, namun masyarakat Gurok Beraye, lebih mengenal nama salah satu obyek wisata di Belitug ini dengan sebutan Air Terjun Gurok Beraye.



Kota Manggar


tempat wisata kuliner kopi di belitung: kota manggar

Kota Manggar adalah sebuah kota kecil yang terletak di Belitung Timur. Walaupun kota ini kecil, namun kota ini lumayan terkenal bagi para wisatawan. Pesona dari Kota kecil ini adalah kare kopinya. Kopi khas Belitung ada disini, sehingga tempat ini dijuluki sebagai “Kota 1001 Warung Kopi’.

Nah, di atas adalah tempat wisata di Belitung yang bisa menjadi alternatif pilihan destinasi wisata kamu. 
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser