-->
Kebiasaan yang Menyehatkan dari Beberapa Negara di Dunia

Kebiasaan yang Menyehatkan dari Beberapa Negara di Dunia

Kebiasaan yang Menyehatkan dari Beberapa Negara di Dunia


Berbicara tentang kebiasaan yang menyehatkan di berbagai belahan dunia bisa menjadi penambah referensi untuk variasi hidup sehat sehari-hari. Diambil dari pengalaman perjalanan seorang penulis Amerika, rangkuman ritual kesehatan dari negeri Cina sampai Amerika dapat membuka jendela baru seputar kesehatan selain menelan pil dan melakukan olah raga. Tips kesehatan yang terangkum tidak hanya untuk raga, tapi juga untuk kesehatan spiritual kita.

Kesehatan Spiritual Ala Thailand

Thailand yang mayoritas beragama budha mempunyai ritual yang tidak biasa agar kita mempunyai jiwa yang merdeka dan kebaikan, mereka mempunyai kebiasaan yang menyehatkan spiritual dengan melepas binatang-binatang ke alam bebas setelah dibeli dari pasar hewan. Jika kamu punya kesepatan jalan-jalan ke pasar basah di Thailand, disana kamu akan melihat para pembeli ikan yang masih hidup melepaskan begitu saja ikan yang baru mereka beli ke sungai.

Selain itu, kebiasaan sehat ini juga melarang memakan hewan yang dibeli. Pembersihan dan perbaikan jiwa juga bisa dilakukan dengan memberi santunan pada orang miskin. Selain agama Islam, ajaran menyantuni orang yang tidak mampu juga diajarkan dalam agama Budha, Hindu dan Sikh. Maka dari itu, di India dan Thailand mempunyai banyak acara tentang memberi makan orang yang tidak mampu dengan adanya dapur umum. Ajaran inilah yang memberi ritual sehat bagi jiwa masyarakat pemeluk agama tersebut jika dilakukan berkesinambungan.

Mandi di Hammam

Lain halnya dengan Turki, Maroko dan Mesir, ritual terkenal dan menyehatkan yang ada di negera timur tengah ini bersifat ragawi; mandi di Hammam. Kamar mandi tersebut berkonsep islam yang memisahkan antara laki-laki dan perempuan. Terdiri dari tiga ruangan dengan fungsi berbeda hampir mirip dengan spa. Ruangan pertama untuk luluran, kemudian di ruang ke dua dari ujung rambut sampai ujung kaki akan dibersihkan dengan air alias mandi besar. Ruangan terakhir untuk relaksasi ditemani seduhan teh. Perbedaan Hammam dengan spa biasa terletak pada konsep dan nuansa interior yang akan membantu setiap orang merasa rileks dan bersih luar dalam. Manfaat dari Hammam ini antara lain pembersihan badan secara menyeluruh, relaksasi, dan sosialisasi. Mandi dengan pembersihan badan dan penenangan pikiran inilah yang menjadi penunjang kebiasaan hidup sehat di negeri para nabi.

Wow! Bekam Api

Bekam mungkin terlihat seperti pengobatan alternatif extrim karena caranya yang mengeluarkan darah melalui pori-pori kulit. Namun tidak sedemikian menakutkan jika sudah mencoba pengobatan ini dan mengetahui hasilnya.

Di Cina, Mesir dan Vietnam lebih terkenal dengan bekam api yang menggunakan api untuk mengosongkan oksigen di dalam alat bekam. Cara pengobatan ini dapat menghilangkan sakit karena alergi, flu, nyeri otot, inflamasi dan gangguan pernafasan. Bekam juga dapat membantu mengeluarkan darah kotor yang tidak bisa keluar secara alami dari dalam tubuh kita.

Ritual di Benua Amerika

Negara-negara di benua Asia memang kaya akan pengobatan tradisionalnya, Benua Amerika pun juga menyimpan ritual unik yang dapat membantu menyehatkan hidup kita sehari-hari, yaitu dengan mengasapi ruangan dengan membakar tumbuhan Sage (Salvia officinalis). Ritual ini berasal dari kebudayaan penduduk asli Amerika untuk membersihkan ruangan dan melindungi kebaikan jiwa. Jika tumbuhan Sage untuk memberikan efek sehat bagi ruangan, arang aktif beranfaat sebagai obat gangguan saluran pencernaan. Obat ini banyak digunakan di Argentina, Negara-negara Eropa dan Amerika.

Indonesia Punya Jamu

Orang barat punya arang aktif sebagai obat, orang Indonesia terkenal dengan Jamu sebagai obat herbal tradisional turun temurun di pulau Jawa. Jamu diramu dari berbagai campuran herbal yang banyak mengandung antioksidan. Minuman sehat ini bisa disajikan setiap hari sebagai daya tahan tubuh, mencegah dan mengobati beberapa penyakit kronis. Itulah beberapa kebiasaan yang menyehatkan lahir dan batin dari berbagai belahan dunia.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser