-->
7 Tips Kesehatan Sederhana untuk Anak Muda Agar Tidak Menyesal di Hari Tua

7 Tips Kesehatan Sederhana untuk Anak Muda Agar Tidak Menyesal di Hari Tua

7 Tips Kesehatan Sederhana untuk Anak Muda Agar Tidak Menyesal di Hari Tua


Banyak sekali resep dan tips kesehatan sederhana yang dapat membantu kita menjalani hidup sehari hari.  Rutinitas hidup sering membuat kita lupa akan hal-hal sederhana yang menunjang kesehatan jasmani. Padahal jika rutinitas buruk akan menumpuk penyakit yang akan kita derita di hari tua. Lingkungan sekitar juga sering membuat kita untuk melakukan atau berperilaku tidak sehat dan hal itu sering terabaikan dampaknya. Berikut bahasan sekilas tentang resep hidup sehat yang simpel untuk dijadikan usaha penjagaan kesehatan bagi tubuh meskipun tidak harus mengonsumsi atau dengan alat-alat kesehatan yang mahal.

Minum Cukup Air


Tentu saja air yang dimaksud adalah air putih alias air mineral yang tidak mengandung apapun. Seperti yang kita ketahui bahwa sekitar 70% dari tubuh manusia adalah air. Air dalam tubuh berfungsi sebagai pemberi energy pada otot-otot, merevitalisasi kulit, dan membantu menurunkan berat badan. Air juga dibutuhkan oleh ginjal sebagai pembersih dari zat-zat yang mebahayakan tubuh. Jika kamu ingin mempunyai badan yang segar dan tidak mudah lelah, maka cukupi kebutuhan air tubuh.

Jangan Terlalu Membebani Otot


Mau yang bekerja dengan semua otot tubuh atau hanya mengetik di depan PC, sebaiknya beri jeda sebentar untuk meregangkan otot-otot yang telah melakukan kerja monoton karena rutinitasmu. Peregangan sederhana dapat membantu melemaskan kekakuan sendi dan otot. Bisa dengan melakukan putaran ringan kepala dan bahu. Berjedalah sejenak meskipun pekerjaan belum semua terselesaikan agar tubuh tidak terbebani dengan kekakuan otot.

Jangan Terlalu Banyak Makan Daging


Kandungan lemak dan protein hewani yang terkandung dalam daging memang penting bagi tubuh. Tapi tidak berarti kita harus melulu menyiapkannya dalam menu sehari-hari. Tren makanan cepat saji sekarang ini cenderung lebih banyak menggunakan daging sebagai bahan dan memberi sedikit sayuran untuk pelengkap. Padahal tubuh kita memerlukan lebih banyak makanan yang bersifat basa seperti buah dan sayuran. Sedangkan daging bersifat asam. Jika terlalu banyak asam pada tubuh maka level PH akan terganggu. Mempunyai pola makan sehat juga berkontribusi untuk menjamin kesehatan di masa tua.

Hindari Membungkuk Terlalu Lama


Pekerjaan rutin yang harus menuntut kita untuk duduk lama tanpa sadar membuat tubuh untuk membungkuk. Pastikan posisi duduk saat bekerja proporsional agar bentuk tulang belakang tidak mengalami gangguan. Selain itu, kebiasaan membungkuk dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, sakit kepala dan sakit pada rahang. Serta bisa mengakibatkan terganggunya sistem kerja paru-paru.

Tidur Awal Waktu


Masa muda memang masa dimana sering begadang, entah itu tuntutan pekerjaan atau tugas kuliah. Tapi terlalu banyak begadang akan menumpuk penyakit untuk masa tua. Jadi usahakan untuk tidur di awal waktu dan bangun lebih awal jika ingin menuntaskan pekerjaan yang belum selesai. Atur jadwalmu secerdas mungkin untuk memberi hak pada tubuh untuk beristirahat. Inilah tips kesehatan sederhana yang sering diabaikan para pemuda.

Ambil Nafas


Saat kita dalam kondisi stress, marah, dan kesal seringnya lupa untuk mengambil nafas yang merupakan mekanisme paling penting bagi tubuh. Dengan bernafas dalam-dalam, detak jantung akan kembali teratur, syaraf-syaraf yang tegang akan mengendur dan membantu menjernihkan pikiran.

Tersenyumlah


Iya, tersenyum dengan tulus membuatmu bahagia. Orang yang bahagia biasanya hidup lebih lama. Saat kita tersenyum otak mengeluarkan endorfin yang menekan stress dan membuat kita lebih rileks.
Masih banyak hal ringan yang dapat kita lakukan untuk menciptakan hidup sehat. Dengan mempraktikan beberapa tips kesehatan sederhana di atas akan membantumu memiliki masa tua yang jauh dari penyakit.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser