-->
7 Hal Unik Tentang Penyu = Bantu Lestarikan Satwa Langka Ini Yuk!

7 Hal Unik Tentang Penyu = Bantu Lestarikan Satwa Langka Ini Yuk!

7 Hal Unik Tentang Penyu = Bantu Lestarikan Satwa Langka Ini Yuk!



Beberapa hal unik tentang penyu ini perlu kamu ketahui setelah kian maraknya perdagangan satwa langka satu ini oleh pedagang-pedagang yang kurang bertanggungjawab. Sebelum itu, yuk mari kita belajar mengenali penyu. Youngnesia akan merangkum 7 poin all about penyu yang perlu kamu ketahui sebelum berpartisipasi dalam pelestariannya:

Penyu Termasuk Satwa Langka


Walaupun penyu masih mudah ditemui di toko ikan, sesungguhnya penyu termasuk satwa langka. Bayangkan, hanya 1 dari 4000 telur penyu yang menetas, yang mampu bertahan hingga usia dewasa. Salah satu penyebabnya ya ulah pedagang-pedagang nakal itu. Satwa langka itu dilindungi undang-undang lho.

Penyu Berbeda Dengan Kura-Kura


Hal paling mendasar yang membedakan penyu dengan kura-kura adalah airnya. Penyu adalah hewan laut, sementara kura-kura adalah hewan air tawar. Jadi dalam kehidupannya, penyu membutuhkan air laut. Sementara kura-kura cukup dengan air tawar saja. Penyu membutuhkan air yang banyak karena dia berenang dan menyelam, sementara kura-kura hanya butuh air yang becek saja. Jadi kalau ada pedagang yang bilang kalau penyunya adalah penyu air tawar, jangan percaya ya.

Penyu Menutup Mata Saat Tidur


Ini adalah hal unik tentang penyu yang paling bikin gemes. Kalau usianya sudah beberapa bulan, dia akan mampu mengontrol kedip matanya. Jadi kalau lagi tidur, dia akan ngambang diem aja sambil merem layaknya manusia. Jadi, penyu nggak sama dengan ikan yang nggak jelas kapan tidurnya, hehehe.

Penyu Adalah Karnivora


Ini juga membedakan penyu dengan kura-kura. Seperti kita ketahui, penyu makan sayur seperti seledri atau buncis, sementara penyu walaupun ada jenis penyu yang makan rumput laut, sesungguhnya dia adalah pemakan daging. Makanan yang biasa ia makan adalah ikan-ikan kecil, cumi atau udang.

Penyu Tidak Bisa Memasukkan Kepalanya Ke Dalam Cangkang


Walaupun punya cangkang, dia nggak bisa memasukkan kepalanya ke dalamnya. Inilah yang menyebabkan penyu-penyu kecil sulit melindungi diri dari predator.

Penyu Bisa Melihat Dan Mengenali Pemiliknya


Kalau kamu memelihara penyu (walaupun nggak direkomendasikan), lama-kelamaan si penyu akan mengenali kamu. Dia bisa melihat kamu dan jika kamu pancing dengan tanganmu, dia akan berenang mengikuti tanganmu. Penyu adalah hewan yang cerdas, jadi jangan kamu samakan dengan ikan-ikan lainnya ya. Ups, penyu bukan ikan ding, penyu itu reptil.

Penyu Tidak Boleh Disatukan Dengan Penyu Lainnya


Tepat sekali. Yang ini bikin terharu banget. Penyu adalah hewan penyendiri. Kalau dia disatukan dengan temannya di satu wadah, seringkali mereka bertengkar atau saling membully. Biasanya penyu yang lebih kuat akan ngebully penyu yang lebih lemah. Sifat sulit akur ini kali ya yang bikin si penyu susah berkembang biak. Denger tuh, jombloers. Jangan suka menyendiri kayak penyu ya!

Nah, gimana gais? Apakah ulasan hal unik tentang penyu tadi bisa membuka wawasanmu? Kamu bisa berpartisipasi dalam pelestarian penyu misalnya dengan datang ke Pantai Kili-kili Trenggalek dan ikut upacara penyu. Atau kalau tidak, belilah penyu yang ada di pedagang dan peliharalah sebentar untuk melepasnya ke pantai di kemudian hari. Mau tahu lebih lanjut all about penyu? Kamu bisa cek forum kaskus di sini. Ada yang berminat turut serta dalam upaya penyelamatan penyu?
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser