Sobat Youngnesia, liburan memang dapat
menyehatkan pikiran kita, namun juga ada kota
bebas polusi di dunia yang tidak hanya akan menyehatkan pikiranmu namun
juga badan kita, karena kandungan oksigen yang dijaga oleh pemerintah setempat.
Setelah lebih dari seratus tahun hidup
dengan mobil, beberapa kota secara perlahan mulai menyadari bahwa mobil tidak
membuat kehidupan di kota menjadi lebih baik dan menjadi kota paling bebas polusi. Hal ini tidak hanya asap atau
kematian lalu lintas namun juga menjadikan tata ruang di daerah akan berkurang
demi menyediakan tempat untuk parkir.
Beberapa kota di dunia sekarang mulai
menyingkirkan mobil di lingkungan tertentu melalui denda, desain yang lebih
baik, aplikasi baru, dan, dalam kasus Milan, bahkan membayar penumpang untuk
meninggalkan mobil mereka diparkir di rumah dan naik kereta api sebagai
gantinya. Berikut adalah beberapa kota paling bebas polusi di dunia:
MADRID
Kota bebas
polusi pertama
adalah Madrid. Madrid kini telah melarang sebagian besar lalu lintas dari
jalan-jalan kota tertentu, dan bulan ini, zona bebas mobil akan semakin
bertambah. Peregangan selama lebih dari satu mil persegi, daerah masih
akan memungkinkan lingkungan warga sendiri untuk mengemudi, tapi semua orang
yang masuk akan memukul dengan denda lebih dari $ 100.
Ini adalah salah satu
langkah dalam rencana yang lebih besar untuk benar-benar pedestrianize pusat
Madrid dalam lima tahun ke depan. Dua puluh empat dari
jalan-jalan tersibuk di kota akan didesain
ulang untuk berjalan, tidak mengemudi. Sebelum perubahan layout jalan, mobil juga akan berkecil
hati dengan cara lain: Sekarang paling kotor, mobil paling polusi di
kota harus membayar harus membayar lebih untuk taman.
PARIS
Tahun lalu, ketika tingkat
asap melonjak di Paris, kota ini lalu melarang
mobil dengan pelat genap. Hingga akhrinya polusi turun sebanyak 30% di
beberapa daerah, dan sekarang kota berencana untuk memulai secara permanen
mengecilkan mobil dan menjadi kota bebas polusi.
Di pusat kota, orang-orang
yang tidak tinggal di lingkungan lokal tidak akan mampu mengemudi di pada akhir
pekan, dan aturan itu bisa segera menggelar untuk seluruh minggu.
Pada tahun 2020, walikota
berencana untuk melipatgandakan jumlah jalur sepeda di kota, melarang mobil
diesel, dan membatasi jalan lalu lintas tinggi tertentu untuk mobil listrik dan
kendaraan ultra-rendah-emisi lainnya. Jumlah driver di kota ini
sudah mulai turun.Pada tahun 2001, 40% dari Paris tidak memiliki mobil; sekarang angka itu adalah
60%.
HAMBURG
Meskipun Hamburg
tidak berencana untuk melarang mobil dari pusat kota, namun kota ini membatasi
para pengendara dengan memberikan lahan yang luas bagi para pejalan kaki. Sebuah rancangan baru akan
diterapkan dengan "jaringan hijau," yang akan selesai dalam 15 sampai
20 tahun ke depan, akan menghubungkan taman di seluruh kota, sehingga
memungkinkan untuk sepeda atau berjalan di mana saja. Jaringan akan mencakup 40%
dari ruang kota.
Kota bebas polusi ini juga menutupi bagian-bagian dari A7 auto ban infamously ramai dengan taman-sehingga lingkungan yang dulunya sulit untuk menyeberang dengan berjalan kaki akan segera lebih mengundang
HELSINKI
Helsinki sebuah kota yang diprediksi akan banyak dilirik
orang untuk didatangi, dan prediksi ini akan diimbangi dengan pembatasan
perizinan mobil di jalan-jalan kota. Dalam rencananya , kota ini akan memaparkan desain
kota yang nyaman bagi pejalan dan angkutan umum penghubung kota Helsinki dengan
kota lain.
MILAN
Kota yang tahun lalu penuh asap kabut, namun Milan sedang
menguji cara baru untuk meminimalisir peredaran mobil dari pusat kota dan
berkomitmen menjadi kota bebas polusi di dunia.
Cara pemerintah setempat adalah dengan memberikan voucher
angkutan umum gratis bagi penumpang meninggalkan kendaraan mereka di rumah. Sebuah kotak yang tersambung ke Internet pada
dashboard melacak lokasi mobil, sehingga tidak ada yang bisa menipu dan mendorong
untuk bekerja. Mobil setiap hari seseorang tinggal di rumah, kota
mengirimkan voucher dengan nilai yang sama sebagai tiket di bus atau kereta
api.
COPENHAGEN
Empat puluh tahun yang
lalu, lalu lintas di Copenhagen cukup buruk seperti kota-kota besar lainnya. Sekarang, lebih dari
setengah dari sepeda penduduk kota untuk bekerja setiap hari-sembilan kali
lebih komuter sepeda daripada di Portland, Oregon, kota yang paling komuter
sepeda di AS.
Copenhagen mulai
memperkenalkan zona pejalan kaki pada tahun 1960 di pusat kota, dan zona bebas
mobil perlahan-lahan tersebar di beberapa dekade mendatang. Kota ini sekarang menjadi kota
paling bebas polusi di dunia dan memiliki lebih dari 200 km jalur sepeda, dengan
superhighways sepeda baru yang sedang dikembangkan untuk mencapai pinggiran
kota sekitarnya. Kota ini memiliki salah satu tingkat terendah kepemilikan
mobil di Eropa.