-->
Susah Turun Berat Badan? Kenapa Ya? Inilah 7 Penyebabnya

Susah Turun Berat Badan? Kenapa Ya? Inilah 7 Penyebabnya

Susah Turun Berat Badan? Kenapa Ya? Inilah 7 Penyebabnya

tips diet untuk nurunin berat badan

Sudah mengurangi jatah makan, minum pil ini dan itu, olah raga teratur, tapi kenapa ya susah turun berat badan walau cuma sekilo aja? Setiap tubuh manusia tercipta dengan kemampuan metabolism berbeda. Hal itu mempengaruhi sistem pembakaran lemak tubuh.

Selain itu, kondisi lingkungan juga memberi pengaruh pada metabolisme tubuh manusia. Umumnya kita mengira kalau menurunkan berat badan hanya seputar tentang kalori yang masuk dan keluar tubuh, padahal tidak sesemudah itu sistem dalam tubuh kita mengatur metabolisme.

Tubuh kita mempunyai sistem yang rumit dan kompleks, yang membuat setiap proses berkaitan dengan proses yang lain. Berikut adalah 7 masalah penyebab susah menurunkan angka timbangan berat badan kita.


Resistensi leptin, apa itu?



Masalah pertama yang menyebabkan susah turun berat badan adalah resistensi leptin. Lemak dalam tubuh kita tidak hanya sekedar gumpalan daging di bawah kulit, tapi sel tersebut merupakan bagian dari sistem endokrin yang merupakan salah satu sistem hormonal tubuh manusia. Sel lemak memproduksi leptin yang berfungsi sebagai penyampai pesan ke otak untuk menggunakan cadangan lemak sebagai energi.

Namun jika terjadi resistensi leptin, informasi yang disampaikan ke hipotalamus otak tidak dikenal dan hal itulah yang dikenal oleh otak sebagai sinyal ‘lapar’. Tentu saja tubuh akan menimbun lebih banyak lemak dan menjadi penyebab kenapa susah turun berat  badan meskipun sudah mencoba berbagai pil diet.


Resistensi insulin



Penghalang kedua untuk menurunkan berat badan adalah resistensi insulin. Seperti resistensi leptin, resistensi insulin juga merupakan masalah hormonal. Kebanyakan resistensi ini diketahui jika kita sudah menderita diabetes, tapi sebenarnya sudah terlihat sebelum benar-benar terkena diabetes. Resistensi insulin disebabkan karena produksi hormon ini tidak digunakan semestinya, padahal insulin merupakan hormon penyimpan lemak. Itulah yang menjadikan kelebihan berat badan tidak bisa dikontrol.


Disfungsi adrenal



Disfungsi adrenal juga berkontribusi sebagai penyebab susah turun berat badan manusia. Hormon kortisol yang merupakan hormon stress kita diproduksi oleh kelenjar adrenal. Jika terjadi kelebihan produksi kortisol, berat badan tubuh tidak akan bisa turun.


Tiroid



Yang keempat berkenaan dengan tiroid, jika ingin mengetahui masalah berat badan yang tidak bisa turun, cek kadar tiroid mu apakah normal atau tidak. Jika normal, yang kamu butuhkan hanya membatasi makanan untuk menurunkan angka pada timbangan.


Estrogen dan progresteron



Selain hormon-hormon diatas, estrogen dan progresteron yang tidak seimbang juga mempengaruhi berat badan, terutama wanita.

Sistem pencernaan



Tidak melulu hormon yang mengatur berat tubuh, tapi juga sistem pencernaan kita. Di dalam sistem pencernaan terdapat milyaran bakteri yang jumlahnya bahkan bisa melebihi jumlah gen. Jika mikroorganisme ini tidak bekerja secara semestinya dalam pencernaan manusia akan berdampak buruk. Namun makhluk mikroskopik ini bisa dijadikan ‘partner’ untuk menurunkan berat badan dengan treatment tertentu.

Kondisi lingkungan



Kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh pada usaha penurunan berat badan. Toxin yang ada disekitar kita menyumbang kontribusi terhadap sistem metabolisme tubuh. Jika disekitar rumah terdapat sumber pencemaran lingkungan, lebih baik periksa kandungan toxin tubuh ke laboratorium untung mengetahui gangguan pada sistem kita.


Masalah menurunkan berat badan memang tidak ada yang instan dan mudah, program kesehatan akan sangat membantu kamu untuk mengetahui permasalahan tubuh. Dan poin yang paling penting adalah bagaimana dan berapa berat badanmu tidak menjadi masalah bagi aktifitas hidup sehari-hari. Meskipun susah turun berat badan asal badan serta gaya hidup kita sehat, bukan masalah besar untuk menjalani hidup yang menyenangkan.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser