-->
5 Komunitas Anak Muda di Indonesia : Volunteering Yuk!

5 Komunitas Anak Muda di Indonesia : Volunteering Yuk!

5 Komunitas Anak Muda di Indonesia : Volunteering Yuk!

Apakah di antara kamu ada yang punya visi misi hidup untuk membantu sesama? Apakah kamu masih bingung bagaimana langkah konkret yang bisa kamu ambil untuk merealisasikannya? Tahukah kamu, telah ada komunitas anak muda di Indonesia yang bisa mendukung tujuan kamu itu. Caranya, kamu menjadi anggota komunitas tersebut dan bekerja sukarela sebagai seorang volunteer.

Mau tahu apa aja komunitasnya? Yuk simak 5 komunitas volunteer di Indonesia yang dirangkum oleh Youngnesia berikut ini:



Akademi Berbagi


akademi berbagi

Akademi Berbagi adalah komunitas volunteer di Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan. Dengan tagline “Berbagi Bikin Happy” komunitas ini mencoba melibatkan para ahli di bidangnya masing-masing untuk berbagi dalam bentuk kelas gratis yang bisa dihadiri siapa saja.

Kelas-kelas tersebut dipublikasikan melalui akun twitter mereka dan calon peserta kelas diminta untuk mendaftarkan namanya melalui akun tersebut.  Sejauh ini, Akademi Berbagi telah memiliki cabang di kota-kota di seluruh Indonesia, antara lain Medan, Palembang, Jambi, Bandung, Solo, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Balikpapan, Makassar, Ambon, Ende dan Madura

Kamu bisa menghubungi atau mencari tahu kegiatan komunitas ini di akun twitter @akademiberbagi maupun web resmi mereka di akademiberbagi.org



Indonesia Mengajar


Indonesia mengajar

Indonesia Mengajar adalah komunitas anak muda di Indonesia yang tujuan utamanya membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun.

Kamu bisa berpartisipasi sebagai pengajar muda. Syarat utamanya adalah Warga Negara Indonesia, belum menikah dan sehat secara fisik dan mental serta bersedia ditempatkan di daerah terpencil selama satu tahun. Diutamakan fresh graduate atau kurang lebih 2 tahun setelah lulus dari berbagai disiplin ilmu, usia diutamakan di bawah 25 tahun dan memiliki IPK atau nilai akademis yang baik. Selain itu, kamu bisa mendukung melalui buku ataupun sebagai mitra.


Baca juga: Tips menjadi guru inspiratif


Kamu bisa menghubungi atau mencari tahu lebih lanjut kegiatan komunitas ini di akun twitter @Ind_Mengajar dan web resminya di indonesiamengajar.org



Indonesia Berkebun


Indonesia berkebun

Indonesia Berkebun adalah gerakan komunitas yang bergerak melalui media jejaring sosial (baik itu twitter, facebook, youtube, dll) yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang diubah menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif yang dilakukan oleh peran masyarakat sekitar.

Dengan semangat ini sekarang Indonesia Berkebun sudah berkembang dan menularkan semangat ini di 30 kota dan 8 kampus di Indonesia (kota-kota dan kampus-kampus yang bergabung di dalam jejaring Indonesia Berkebun) dengan visi dan tujuan yang sama.

Dengan gerakan positif ini, Indonesia Berkebun dianugerahi penghargaan oleh Google Asia Pacific untuk kategori Web-Heroes pada tahun 2011, Inspiring Movement for Environment 2013 dari Nutrifood, Finalist Ashoka Changemakers 2013 dan apresiasi-apresiasi lainnya baik dari media nasional hingga internasional juga instansi-instansi lainnya.

Kamu bisa menghubungi atau mencari tahu kegiatan komunitas ini di akun twitter @IDberkebun dan web resminya di indonesiaberkebun.org



Greenpeace


greenpeace Indonesia

Greenpeace mungkin telah banyak kita dengar sejak lama. Ia adalah organisasi yang paling tua di antara yang lainnya. Skalanya pun telah sampai ke tingkat internasional. Greenpeace memiliki landasan prinsip dan nilai-nilai dasar yang tercermin dalam setiap aksi kampanye kesadaran lingkungan di seluruh dunia.
Prinsip tersebut adalah:
  • Menjadi saksi atas  kerusakan lingkungan dengan cara yang damai tanpa kekerasan;
  • Menggunakan konfrontasi tanpa-kekerasan untuk meningkatkan perhatian dan debat publik mengenai isu lingkungan;
  • Dalam mengekspos ancaman terhadap lingkungan dan mencari solusi, Greenpeace tidak memiliki sekutu permanen ataupun lawan;
  • Menjamin independensi sumber keuangan dari kepentingan politik atau komersial;
  • Mencari solusi untuk mempromosikan secara luas dan menginformasikan perkembangan dari pilihan untuk lingkungan di sekitar masyarakat.


Semua orang dapat bergabung sebagai volunteer Greenpeace dengan kepanitiaan yang sudah tertata rapi lengkap dengan prosedur pendaftaraan, pelatihan hingga kode etiknya. Tertarik bergabung?

Kamu bisa menghubungi atau mencari tahu kegiatan komunitas ini di akun twitter @GreenpeaceID dan web resminya di http://www.greenpeace.org/seasia/id/.



Earth Hour Indonesia


earth hour Indonesia

Earth Hour adalah gerakan internasional yang menyatukan orang-orang dengan misi yang sama, yakni melindungi bumi dan dikelola langsung oleh WWF. Komunitas ini juga bergerak untuk menyebarkan isu-isu lingkungan terkini kepada khalayak ramai untuk memunculkan kesadaran mereka. Earth Hour pertama kali dikenal karena adanya event mematikan lampu di selama 1 jam di Sydney pada tahun 2007. Event tersebut ternyata mampu menggerakkan lebih dari 7000 kota di seluruh dunia untuk ikut berpartisipasi dalam misi penyelamatan lingkungan. Kegiatan mematikan lampu satu jam tetap diadakan rutin oleh komunitas yang telah berkembang semakin besar ini.

Kamu bisa menghubungi atau mencari tahu kegiatan komunitas ini di akun twitter @EHindonesia maupun web resmi mereka di http://www.earthhour.org/indonesia

Tidak hanya 5 komunitas ini, tentunya masih banyak komunitas anak muda di Indonesia lainnya yang bergerak di bidang volunteering. Yuk bagi temen-temen yang punya waktu luang atau sekedar pengen menginvestasikan waktunya di ladang amal, cobalah untuk kontak dan cari tahu beberapa komunitas yang bergerak di kotamu, lalu iseng-iseng aja untuk bergabung. Siapa tahu iseng-iseng kamu bisa membuka banyak kesempatan baik itu karir, teman, wawasan atau ilmu.

Apakah ada di antara kamu yang sudah berpengalaman bergabung dengan komunitas tertentu? Share yuk di sini, siapa tahu temen-temen yang belum bergabung bisa terinspirasi oleh cerita kamu.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser